Speed Test Internet Axis Roaming Jaringan XL Mengecewakan

Terkait hal merger XL Axis Kartu Axis bisa menggunakan jaringan XL, saya pun membeli kartu perdana Axis. Disamping itu daerah saya belum tercover jaringan Axis saya pun mencoba menggunakan Network 3G milik XL axiata.

Di kartu perdana Axis yang baru saja diaktifkan dengan pulsa Rp2500 itu saya coba beli paket internet harian dengan kuota  15 MB kemudian saya gunakan untuk melakukan test kecepatan internet melalui situs telin.co.id dengan server lokal indonesia.

Ternyata hasil yang didapatkan sangat - sangat mengecewakan. anda bisa lihat screecshot di bawah ini .

saya pun tidak tinggal diam. Saya pun menanyakan perihal ini. apakah terkait masalah merger atau ada kebijakan dari Kedua belah pihak bahwasanya XL membatasi penggunaan jaringannya untuk Axis. saya pun menelepon Customer service dan memberikan alasan yang menurut saya belum puas. katanya ini masih ada pembenahan dan penyesuaian.

Karena masih penasaran saya pun menanyakan hal ini lewat twitter @ask_Axis dan @xlcare. ini jawaban dari Axis : 1. Maaf, bs gunakan jaringan manual & pilih 3G/WCDMA only, ubah data roaming jadi ON bila gunakan jaringan IND XL atau AXIS+ ya

2. Kami sarankan utk aktifkan paket internet AXIS Pro Unlimited atau Gaul dg kecepatan max 7.2Mbps di jaringan HSDPA. TQ~Ridyan

untuk saran no 2 saya sangat ragu apakah bisa mendapatkan speed 7,2 Mbps di jaringan XL karena pasti hanya ada 1 alasan klasiknya :

 AXIS tidak memberikan jaminan terhadap kecepatan yang diterima Pelanggan karena kecepatan yang didapatkan oleh Pelanggan bergantung kepada banyak faktor, di antaranya ketersediaan jaringan, faktor topografi, kepadatan penduduk, ketebalan dinding bangunan, jenis perangkat telekomunikasi yang digunakan, waktu pemakaian/penggunaan layanan INTERNET Gaul, jumlah pengguna layanan INTERNET Gaul, kedekatan pelanggan terhadap lokasi BTS/antena terdekat, dan lain-lain.

Pelanggan menyadari sepenuhnya bahwa kecepatan akses dapat bervariasi tergantung pada cakupan jaringan, sambungan internet global (untuk situs global), lokasi serta peralatan.